Beras Merah Untuk Diabetes

Artikel


MANFAAT BERAS MERAH BAGI PENDERITA DIABETES 

Anda perlu waspada apabila terbiasa mengonsumsi nasi putih. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi sedikitnya 5 porsi nasi putih dalam seminggu berakibat pada peningkatan resiko diabetes tipe 2. Sebaliknya, resiko diabetes tipe 2 dapat ditekan dengan mengganti beras Anda dengan beras merah. Konsumsi nasi merah sebanyak 2 porsi atau lebih dalam seminggu dapat menurunkan resiko diabetes tipe 2. Selain itu, substitusi sepertiga porsi nasi putih dengan nasi merah pun dapat menurunkan resiko diabetes tipe 2 sebesar 16%. Nasi merah baik untuk penderita diabetes karena memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan nasi putih. Hal ini dikarenakan kandungan seratnya yang tinggi. Beras biasa mengalami proses penggilingan yang menyebabkan hilangnya sebagian besar serat serta vitamin dan mineral. Padahal, serat dapat memperlambat masuknya glukosa ke dalam darah. Karena kandungan seratnya yang tinggi itulah nasi merah tidak meningkatkan gula darah secara drastis1. Selain unggul dalam kandungan serat, nasi merah pun memiliki kandungan vitamin dan mineral yang lebih tinggi dibandingkan nasi putih. Sebagai contoh, beras merah kaya akan vitamin B, magnesium, dan zat besi yang diperlukan tubuh.

Terjadinya Penumpukan Makanan Dalam Tubuh
Terlalu banyak makan makanan yang berkalori dan berprotein tinggi dan tidak diimbangi gerak badan yang cukup dapat menyebabkan terjadinya penumpukan sari makanan dan lemak di dalam tubuh.
Apabila penumpukan tersebut terlalu sering dan lama, akan menimbulkan persediaan kalori di dalam tubuh berlebih dan ini membuat efek negatif bagi kesehatan tubuh. Seperti badan menjadi gemuk, suka timbul perentol-perentol di dalam kulit hingga sakit gula yang diakibatkan terlalu banyak zat gula atau glukosa di dalam darah.

Glukogen dihasilkan oleh kelenjar pankreas. Kelenjar pankreas terdiri dari sel-sel alfa dan sel-sel beta. Sel alfa menghasilkan glukogen sedangkan sel beta memproduksi hormon insulin yang bekerja mempengaruhi proses metabolisme glukogen menjadi gula.

Beras merah adalah sejenis bahan makanan kesehatan alamiah yang baik. Bahan makanan ini perlu digalakkan dan diperluas penggunannya. Patut dilakukan pengamatan dan pengkajian lebih lanjut dalam kegunannya.

Beras Merah Sebagai Sumber Antioksidan
Sebagai salah satu bahan makanan unggulan, beras merah ternyata juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab berbagai penyakit berbahaya berasal dari lingkungan, tubuh kita sendiri, dan tentu makanan. Cara untuk mengatasinya tentu dengan mengonsumsi lebih antioksidan. Dengan adanya antioksidan sebagai salah zat dengan nilai lebih juga tentu menjadikan manfaat beras merah semakin besar. Salah satu kandungan antioksidan yang dimiliki adalah antosianin. Antosianin adalah pigmen merah yang terkandung pada perikarp dan lapisan kulit beras. Antosianin dapat mencegah penyakit seperti kanker, diabetes mellitus, dan stroke.

Beras Merah Bermanfaat Sebagai Sumber Magnesium
Salah satu mineral yang dikandung adalah magnesium. Magnesium memiliki kemampuan untuk menurunkan keakutan dari asma, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan frekuensi migrain, dan menurunkan risiko terjadinya penyakti jantung. Selain itu magnesium yang dikandung oleh beras merah mampu menjaga kesehatan tulang kita. Dengan begitu banyaknya manfaat dari magnesium tentu semakin meningkatkan manfaat beras merah juga.

Pemilihan Makanan :
Meskipun orang didiagnosis dengan diabetes makanan yang harus mereka hindari, ada sebagian besar makanan yang diperbolehkan. Pilihan terbaik adalah makanan terendah dalam karbohidrat.

Sambil makan keseimbangan yang tepat dari makanan yang sehat adalah penting :
- mempertahankan sebagai mendekati normal tingkat gula darah.
- mencapai tingkat normal kolesterol dan trigliserida.
- mencapai tekanan darah yang sehat (lebih rendah dari 140/80 Hg).
- mempertahankan atau mencapai berat badan yang wajar.

Sementara bagi penderita diabetes lebih di anjurkan makan sayuran dan buah-buahan. Karena buah dan sayuran rendah lemak dan secara alami kaya akan vitamin, mineral dan nutrisi, tambahan yang positif dalam banyak hal.

Tapi ada bahaya tersembunyi dengan kategori ini. Banyak buah mengandung kadar gula yang tinggi. Inilah sebabnya mereka harus dimakan dalam jumlah sedang dan hanya selama waktu-waktu tertentu, seperti ketika mereka ditemani oleh makanan lain.

Pilih buah utuh, karena buah-buahan kering bisa sangat tinggi gula. Apel, pir dan plum memiliki nilai glikemik rendah. Berries juga pilihan yang bagus, Anda dapat menambahkannya ke sereal dan salad dan juga bagus untuk ngemil. Buah kiwi, markisa, jeruk ceri, lemon dan limau juga bagus.

Sayuran juga harus diatur ke titik tertentu. Tergantung di indeks glikemik, beberapa sayuran jauh lebih baik bagi penderita diabetes daripada yang lain. Hanya mengatakan tidak apa-apa untuk makan sayuran tidak cukup baik: harus menjadi yang tepat, dalam jumlah yang tepat, dimakan pada saat yang tepat.

Sayuran mengandung zat tepung harus dihindari, ini meliputi kentang, ubi jalar, ubi. Jagung gandum juga harus dihindari

Daging yang baik bagi penderita diabetes selama kandungan lemak dipantau. Mintalah ke tukang daging Anda untuk menghapus semua lemak yang terlihat dari setiap potongan daging.

Menghindari atau meminimalkan daging asap, daging asap, sosis, hot dog dan lainnya. Jeroan, tiram dan kerang yang lebih tinggi dalam karbohidrat dari daging dan makanan laut lainnya, mereka dapat dimakan hanya dalam jumlah kecil.

Contoh karbohidrat kompleks akan beras merah, gandum, oatmeal, jagung dan biji-bijian berbagai macam lainnya. Makan ini di moderasi memungkinkan Anda untuk berbelanja secara royal pada karbohidrat, tetapi dalam cara yang baik.Beras merah sangat bagus memiliki nilai glikemik indeks rendah.

Makanan ini dapat disimpan dalam wadah kedap udara untuk jangka waktu yang lama.Mengandung berbagai nutrisi dan serat, dan direkomendasikan untuk diet jantung sehat. Jangan lupa: untuk orang dengan diabetes, jumlah yang selalu menjadi pertimbangan.

Khasiat Beras Merah Dan Berbagai Macam Olahannya :
Contoh segelas air tajin beras merah yang dicampur dengan berbagai bahan lain seperti madu, air perasan jeruk lemon, dan kurma berguna mengatasi ambeien, gangguan pencernaan, hipotensi, asma, dan meningkatkan daya seksual serta peremajaan kulit.
Khasiat beras merah adalah menghaluskan kulit, mencegah dan mengatasi penyakit kulit, alergi kulit, liver, diabetes, pengerasan pembuluh darah dan sebagainya.
Bagi penderita sakit diabetes yang tidak kunjung baik, cobalah obati dengan makan
20 gram beras merah, 1 buah alpukat segar, 1 buah apel, dan 50 gram labu parang yang sudah direbus. Makan setiap hari selama 30 hari.
Yang tidak kalah penting dari upaya pengobatan ini adalah disiplin. Yaitu, menu dan takaran makan mengikuti petunjuk instruktur kesehatan dan melakukan rileksasi badan secara kontinyu supaya aliran darah lancar.

Sebaiknya memasak beras merah ini seperti cara tradisional yaitu di tanak dulu (direbus) dan kemudian dikukus dalam dandang sampai matang. Bagi Anda yang baru belajar masak beras merah, campur 2/3 beras merah dan 1/3 bagian beras putih.

Rebus dulu beras merah, begitu mulai mekar, masukkan beras putih. Masak terus sampai air hampir habis, lalu ditanak seperti biasa.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!
Sumber:http://mega-novita-saraswati.blogspot.com/